Cara Pembayaran Biaya Cetak di Pustaka Puitika - PUSTAKA PUITIKA -->

Cara Pembayaran Biaya Cetak di Pustaka Puitika

Sebelum lebih jauh mengetahui tantang cara pembayaran biaya cetak di penerbit Pustaka Puitika, alangkah lebih baik kami jabarkan perihal sistem kerja sama dengan penerbit ini agar tidak terjadi salah pengertian. Bagi penulis pemula—apalagi yang belum pernah sama sekali kerja sama dengan kami—pasti membutuhkan banyak pengetahuan tentang hal itu.

Seiring perkembangan dunia penerbit, ada banyak cara kerja sama menerbitkan buku. Ada istilah penerbit mayor dan ada pula penerbit independen (indie). Seperti yang sudah jamak diketahui bahwa penerbit mayor adalah media yang memberi royalti atas penjualan buku kepada pihak penulis, atau dengan kata lain, penulis tidak mengeluarkan biaya apa pun ketika menerbitkan karyanya. Biaya produksi atau apa pun terkait kerja sama menerbitkan buku, pihak penerbit yang mendanai. Penulis tinggal menunggu kabar pembayaran royalti atas karya yang sudah terbit. Sedangkan untuk penerbit independen (indie) merupakan kebalikan dari penerbit mayor. Pihak penulislah yang membiayai penerbitan karyanya. Meski demikian, penerbit mayor maupun indie—kadang-kadang juga menerapkan sistem kerja sama berbeda-beda, tergantung kesepakatan bersama.

Sistem kerja sama yang kami terapkan adalah penerbitan secara independen. Walaupun ada juga yang kami terbitkan dengan sistem bayar royalti, namun untuk sistem ini sangat jarang kami lakukan dengan berbagai macam hal dan pertimbangan.

Berikut ini adalah cara pembayaran biaya cetak di Pustaka Puitika:
A. TAHAP REDAKSI:
1. Penulis mengirimkan naskahnya ke email: pustakapuitika@yahoo.com.

2. Jika naskah sudah masuk atau diterima penerbit, pihak redaksi segera mengerjakan naskah tersebut yakni memulai dengan mengedit naskah di antaranya memperbaiki tata bahasa atau ejaan jika ada kekeliruan.

3. Setelah diedit, naskah dilayout (tata letak) sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

4. Apabila layout sudah selesai, hasilnya dikirim ke penulis untuk ditinjau ulang (proofing) apakah ada perbaikan (revisi) atau tidak sebelum naik cetak. Jika ada perbaikan maka pihak editor akan memperbaiki sesuai arahan dari pihak penulis, dan begitu seterusnya sampai naskah benar-benar tidak ada revisi. Tidak ada batasan revisi, selama masih ada yang perlu diperbaiki, maka naskah belum naik cetak. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan kekeliruan mendasar dalam isi naskah.

B. TAHAP PENDANAAN CETAK BUKU
1. Apabila penulis menyatakan bahwa naskah yang sudah dilayout tidak ada lagi perbaikan, maka buku siap dicetak.

2. Penulis mengirim biaya cetak buku dengan cara transfer antarbank. Nomor rekening akan diberikan setelah penulis sepakat dengan jumlah biaya cetak yang ditentukan sesuai kebutuhan operasional cetak. Dalam hal ini, penulis bisa membayar lunas atau mengangsur sampai buku selesai proses cetaknya.

Adapun terkait proses pengiriman buku yang sudah selesai proses cetaknya bisa diambil langsung ke penerbit, atau dikirimkan melalui agen pengiriman. Jika penulis mengambil langsung ke penerbit, tentu tidak ada biaya pengiriman barang. Sedangkan jika buku ingin dikirim melalui jasa pengiriman, tentu pihak penulis harus membayar biaya kirim tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:



Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel